Leave a comment

Taman Putroe Phang,bukti sejarah kejayaan kesultanan aceh

taman putroe phang

Banda Aceh merupakan kota yang dikenal sebagai kota pariwisata dan kota yang adat istiadatnya serta kebudayaannya  masih sangat mengental. Banyak bangunan-bangunan, monumen-monumen, dan tempat tempat yang memiliki khazanah budaya, bernilai historis, serta diberkati keindahan alam yang sangat luar biasa dari Yang Maha Kuasa.

Taman putroe phang (putri pahang) ialah taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk permaisurinya. Taman ini sebenarnya permintaan dari sang permaisuri agar permaisuri tidak kesepian saat sultan melaksanakan kewajibannya sebagai pemimpin, karena sultan sangat mencintai putri pahang yang tidak lain ialah sang permaisuri yang barasal dari kerajaan pahang, lalu sultan pun membangun Taman Putro phang yang sampai saat ini masih berdiri sebagai icon penting tanah rencong.

Didalam lingkungan istana pun terdapat sebuah taman yang luas, yang disebut taman ghairah, Ditaman ini pun terdapat sebuah gerbang berbentuk kubah yang diisebut pinto khop, yaitu gerbang yang menghubungkan taman putroe phang dengan istana, pinto khop ini memiliki sesuatu ciri khas yang unik yaitu arsitektur pintunya memiliki ornamen bermotif sulur dan bagian atasnya berbentuk seperti mahkota.Disana pun terdapat gunongan, yaitu tempat permaisuri mengeringkan rambut setelah selesai berendam.

This slideshow requires JavaScript.

 

Namun sayang, icon kota yang merupakan bukti nyata bahwa adanya kesultanan diaceh ini pun kurang diminati banyak orang, pasalnya orang orang lebih meminati tempat tempat yang lebih menghibur, bukan tempat tempat yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Aceh ialah daerah yang memiliki nilai kebudayaan yang tinggi, namun sayang, usaha yang dilakukan untuk mempertahankan nilai kebudayan tersebut hanya dijalankan “setengah hati”, yaitu hanya sebagian penduduk aceh saja yang memperdulikan icon icon yang meninggikan nama Aceh di mata Dunia itu. Pemerintah telah berbuat banyak agar nilai tersebut tidak hilang begitu saja, namun apalah arti pemerintah tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari rakyatnya.

begitupun dengan taman putroe phang, taman yang dikenal sebagai tamannya permaisuri seorang sultan yang memerintah dengan sangat bijaksana adil dan tegas inipun kurang menjadi perhatian banyak orang, para wisatawan pun lebih meminati tempat tempat wisata lainnya yang lebih menghibur, seperti pantai lampuuk, pantai lhoknga,lhoknga, sabang dan lain lain. orang orang lebih memandang taman putroe phang ini sebagai taman pada umumnya, taman bermain biasa, taman bersantai biasa, dan taman yang sama seperti taman lainnya.  Tapi sebenarnya taman putroe phang tidak kalah menarik bukan?

Taman ini terletak di pusat kota Banda Aceh,awalnya taman ini berada di tempat yang sangat strategis karena pusat kota ramai dikunjungi orang banyak.  Seiring jalannya waktu, pusat kota pun mengalami kemajuan, banyak bangunan bangunan yang mulai berdiri satu persatu ,sehingga taman putroe phang yang tadinya ramai dikunjungi para wisatawan sekarang menjadi tempat yang kurang menjadi tujuan utama untuk berwisata.

Di Taman yang berkelas ini, sering ditampilkan seni kebudayaan aceh, kegiatan ini merupakan salah satu fungsi  untuk mengkentalkan lagi kebudayaan aceh yang sudah mulai memudar, dan juga kegiatan ini berfungsi untuk menarik wisatawan asing maupun wisatawan local.

selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, jangan lupakan fungsi taman putroe phang yang satu ini, yaitu sebagai pembersih udara, seperti pada umumnya. mengingat Banda Aceh merupakan ibukota provinsi Aceh yang selalu ramai penduduknya, pastilah banyak menghasilkan polusi, saat itulah manfaat yang kita rasakan tanpa kita sadari sebab adanya taman.

Terlepas dari keunikan taman putroe phang, kita pun harus tetap menjaga dan meletasrikan warisan kebudayaan era kejayaan kerajaan aceh , karena taman tersebut merupakan suatu symbol bahwa adanya era tersebut , dan juga sebagai bukti sejarah bagi generasi generasi aceh yang akan datang, sehingga mereka pun bisa merasa bangga lahir sebagai penerus masa depan Aceh yang lebih maju.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: